Rabu, 12 November 2008

Obama Prioritaskan Perburuan Osama

Kompas Rabu, 12 November 2008

WASHINGTON, - Presiden terpilih Barack Obama berencana mengadakan perubahan besar-besaran terhadap kebijakan AS dalam pertempuran di Afganistan. Obama berencana memperbaharui komitmen untuk memburu Osama bin Laden dengan menekankan bahwa penumpasan al-Qaida menjadi prioritas tertinggi AS.

Harian The Washington Post melaporkan Obama yang secara resmi menjabat sebagai presiden AS pada 20 Januari 2008 ingin menjajaki strategi yang lebih regional di Afganistan, termasuk kemungkinan mengadakan negosiasi dengan Iran. "Al-Qaida menjadi musuh kami. Dan bin Laden menjadi target utama kami," ujar penasehat senior Obama yang tak disebutkan identitasnya seperti dikutip oleh The Washington Post.

Beberapa penasehat nasional Obama yakin pemerintah Bush telah mengendurkan upaya perburuan pemimpin al-Qaida itu setelah gagal meringkusnya dalam operasi yang dilancarkan beberapa tahun terakhir. Laporan The Washington Post yang juga mengutip keterangan dari beberapa pejabat intelijen AS itu menyebutkan ancaman al-Qaida tetap tinggi walaupun upaya penangkapan bin Laden ditingkatkan.

Obama dilaporkan akan menambah ribuan personil pasukan dalam kampanye memburu Osama bin Laden di Afganistan. Namun, upaya itu diperkirakan akan didahului perundingan dengan Iran yang saling berbagi sebuah perbatasan dengan Afganistan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SYUKRON TELAH MEMBERIKAN KOMENTAR