Sabtu, 06 Oktober 2007

Menggagas "Learning by Writing"

Oleh : Rudi Erfanto Rais

04-Okt-2007, 08:03:20 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia - PII (Pelajar Islam Indonesia) Sulawesi Selatan menggagas sebuah training yang selama ini di kenal dengan Leadership Basic Training, sebagai upaya untuk memulai belajar menulis. Training selama enam hari itu di ikuti oleh SMU-SMU se-Sulawesi Selatan, diantaranya dari kabupaten Barru, Sinjai, Makassar. Sejak hari pertama para peserta yang berjumlah 60-an siswa itu sangat antusias, apalagi kegiatan itu diliput oleh koran fajar.

Menurut Aswar, ketua umum PII SulSel, kegiatan ini diarahkan untuk membentuk sikap mental kader yang muslim, cendekia dan berjiwa pemimpin, sehingga di bulan Ramadlan ini kami mengambil tema zero to hero, namun peserta tidak dilepas begitu saja, karena mereka akan diwadahi dalam suatu blog yang nantinya karya-karya mereka akan di online-kan. Konsepnya nanti kami akan membuat semacam learning by writing yang membuat para peserta terangsang untuk menuliskan pengalamannya, makanya kami wajibkan mereka untuk menulis diary setiap harinya.

Training yang diselenggarakan tanggal 24-30 September itu mendatangkan instruktur dari PII dan keluarga besarnya, untuk membuka wawasan media para peserta diajak wisata ke graha pena fajar, sekaligus audiensi dengan redaktur fajar.

Menurut Aswar, follow up dari kegiatan ini nantinya akan diarahkan ke pelatihan leadership tingkat lanjut sekaligus latihan menulis, sehingga para alumninya itu diwadahi dalam satu blog komunitas pembelajar.

Nurul, salah seorang peserta bercerita tentang kesan-kesannya mengikuti kegiatan ini, "Pokoknya training ini membawa perubahan buatku dan teman-teman, trims PII". Dan sejak kegiatan ini Nurul mulai gemar menulis pengalaman, kesan dan apapun yang melintas karena training mengajak untuk mulai belajar dan menuliskan apa yang mereka rasakan dan alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SYUKRON TELAH MEMBERIKAN KOMENTAR